Inilah Beberapa Katagori Pemasaran Untuk Memasarkan Hasil Pertanian Padi Yang Paling Efektif

Pemasaran Padi
  
Pengertian Pemasaran
   Pemasaran adalah Pemasaran adalah proses bagaimana memasrkan barang dari supplier kepada konsumen, ini adalah salah satu cara yang digunakan pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya untuk mendapatkan laba.


Menurut Kolter  dan Amstrong (2008) pemasaran adalah proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagi imbalnya.
Kotler (2005) juga mengatakan sebelumnya pemasaran adalah suautu proses sosial yang dengan proses itu individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan ingin dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pohak lain.
Menurut Sunarto (2003) pemasaran adalah proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang dibuthkan dan diinginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk bernilai dengan pihak lain.

Pemasaran Hasil Pertanian
Dalam pertanian pemasaran memiliki fungsi penting yaitu:
  • Fungsi Penyimpanan
Fungsi penyimpanan diperlukan untuk menyimpan barang selama belum dikonsumsi atau menunggu diangkit ke daerah pemasaran atau menunggu diolah. Pada fungsi penyimpanan ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
-          Jumlah stok yang dimiliki
-          Jumlah stok regional, nasional dan dunia
-          Cara-cara pengelolaan dan pembiayaan stok
-          Cara mengurangi biaya operasi penyimpanan dan pengelolaan persediaan
-          Tingkat volume stok yang efisien dan efektif
-          Perkiraan lama penyimpanan yang akan dilakukan
Biaya penyimpanan dapat ditekan dengan cara:
-          Pemberantasan hama selama penyimpanan
-          Pelaksanaan panen yang tepat
-          Perbaikan konstruksi gudang sesuai jenis dan sifat barang
-          Kandungan air dari barang yang tepat

Kemudian disini ada faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi Pemasaran pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis.

1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran:
1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price), dan
4. Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen:
1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan (convenience), dan
4. Komunikasi (comunication).
Jalur Pemasaran Hasil Produksi Pertanian:
Inilah Beberapa Katagori Pemasaran Untuk Memasarkan Hasil Pertanian Padi Yang Paling Efektif


Setiap perusahaan memerlukan suatu strategi pemasaran yang tepat dan efektif dalam memasarkan produknya. Strategi pemasaran adalah pendekatan pokok yang akan digunakan oleh unit bisnis dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Didalamnya tercantum keputusan pokok mengenai target pasar, penempatan produk, bauran pemasaran dan tingkat biaya pemasaran yang diperlukan. Strategi pemasaran baru dapat diterapkan bila seluruh komponen atau variabel penunjangnya telah ditentukan, yaitu menentukan produk yang akan dipasarkan, menetapkan harga produk tersebut, melakukan promosi dan menetapkan saluran distribusi yang akan digunakan.




You might also like

1 Comments:

Slots - Lucky Club Live Casino and Slots
We are luckyclub a unique provider and provider of casino games in Nigeria. We are one of the world's leading providers of video slots, live casino,


EmoticonEmoticon